Senin, 12 Mei 2008

Level Up n' Down!

Kebanyakan orang gaya bahasa nya itu tergantung hubungan nya ke orang yang mau diajak bicara itu. Contoh, kalo ke temen, most of us pasti pakenya ‘gw-lu’ , tapi kalo ke pacar atau keluarga pakenya ‘aq-km’. Makanya, seringkali gaya bicara antara dua orang itu bisa menunjukkan hubungan mereka itu apa. Normalnya kalo kita denger dua orang cewe dan cowo yang ngomongnya pake ‘aq-km’, pasti kita ngiranya mereka itu pacaran, atau at least ada hubungan yang lebih dari temen lah. Makanya disini gw pengen bahas gaya bicara yang sering dipake sama orang2 dan apa ngaruhnya gaya bicara itu buat hubungan kita.

1. ‘saya-kamu’ / ‘saya-nama orang yang diajak bicara’ / ‘saya-bapak/ibu/adik/mba/mas’

Ini gaya bicara yang formal banget, biasa dipake orang bisnis atau gak customer service ke client mereka. Tapi gaya bicara ‘saya-…’ ini juga banyak dipake buat murid sama guru. Intinya buat gaya bicara orang yang lebih muda sama orang yang lebih tua atau lebih dihormatin. Ga selalu sih, tapi biasanya kayak gitu.

2. ‘gw-lu’ / ‘gw-lw’

Pasti dah pada tau lah, gaya bicara ‘gw-lu’ ini udah kayak bahasa bakunya teenagers di Indonesia. Ga cuma teenagers doank sih, kebanyakan orang juga kalo sama temennya pake gaya bicara ini, kesannya tuh lebih akrab dari pada ‘saya-…’ , walaupun gaya bicara ini dipake buat temen biasa aja. Setau gw, orang yang pake gaya bicara ‘saya-…’ ke temennya tuh adanya di sinetron2 ge je gitu, yang perannya anak alim, baiknya minta ampun, gitu2 dah. Gaya bicara ‘gw-lu’ ini juga sering di lebay2 in sama sinetron, apalagi kalo kebetulan perannya cewe gaul nyolot yang seragamnya mini banget udah kayak kaga niat sekolah. Yang dibacanya ‘gue-lu’ bisa jadi ‘guwe-eloh’ , pokoknya lebay deh.

3. ‘aq-km’ / ‘ak-kmu’

Biasanya ini gaya bicara yang dipake antara orang yang pacaran, atau hubungannya lebih dari temen. Tapi bisa juga dipake kalo lu mau sok imut, atau ada tujuan tertentu sama orang yang mau diajak bicara, atau dibuat bercandaan doang. Cuma ada juga beberapa orang yang gaya bicaranya ke smua orang pake ‘aq-km’ , emang udah dari sononya kali ya, gw juga ga tau. ‘aq-km’ juga hampir selalu dipake di dalem lagu2. Apalagi kalo lagunya lagu2 cinta yang sentimental abis.

4. ‘nama sendiri-nama orang yang diajak bicara’

Jarang banget dipake dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang pake gaya bicara ini biasanya bakal dianggep orang sok keimutan banget. Manggil nama gini juga dipake dalem masa transisi dari ‘gw-lu’ ke ‘aq-km’ . Boleh juga dibuat lucu2an, kalo lagi ga ada kerjaan.

Gaya-gaya bicara ini bisa juga buat ‘nurunin’ level hubungan lu sama orang laen. Misalnya yang tadinya kayak ttm gitu, ngomongnya pake ‘aq-km’ , trus lu mau brubah jadi temen biasa aja. Cara buat mengisyaratkan kalo lu mau ‘level down’ yang paling gampang, rubah aja gaya bicara lu dari ‘aq-km’ jadi ‘gw-lu’. Lumayan ampuh buat ngasi tau kalo lu itu mau jadi temen biasa lagi. Karena ngerubah gaya bicara dari ‘aq-km’ ke ‘gw-lw’ itu biasanya ngasi kesan kalo lu agak menjauh, walaopun ga selalu.

Selaen buat ‘turun level’ tadi, op kors bisa juga dibuat ‘naek level’. Tinggal sebaliknya aja, yang tadinya pake ‘gw-lu’ jadi ‘aq-km’ , pengaruhnya lumayan gede. Tapi jangan coba-coba ngerubah gaya bicara lu ke cewe/cowo yang ga terlalu deket sama lu kalo lu ga mau di cap sebagai tukang ngrayu atau sok akrab. Perlu diingat, perubahan gaya bicara yang gw bahas di atas ini cuma berlaku buat lawan jenis, kecuali… ya tau sendiri lah.


Yang sangat perlu diperhatikan, yang gw tulis ini ga mutlak pasti kayak gitu. Makanya sering banget kan gw pake kata ‘biasanya’ atau ‘normalnya’. Intinya yang gw bahas di atas ini adalah kebanyakannya aja kayak gitu, tapi ga selalu.

Akhir kata, walaupun post nya ga panjang2 amat, tapi smoga berguna bagi yang baca..
hohohoho.. ^^v

0 komentar: