Minggu, 16 September 2007

The Rejected, Confused and Alienasi

Hari ini gw asli cape banget, seperti biasa, pagi2 jm 9, sebagai anak Tuhan yang beriman (cieee...) gw cabut ke greja deket rumah gw. Gw sampe di gereja tersebut pas jm 9 kuran 5 menitan. Gw shock banget secara itu kebaktian sepi banget. Eh, ternyata jm 9 lewat baru pada dateng...
Berisik2 juga dah ujung2nya....

Anyway, ya seperti biasa gw menyimak khotbah dengan hikmat (ya iya lah ya). En khotbahnya tuh temanya "Give Me Home". Pas pertama kali ngeliat tulisan itu, gw langsung inget sama lagu yang gw lupa judulnya apa, tapi ada liriknya yang kyk gini, "Take me home...country road..." dan seterusnya (lagunya apa ya judulnya?gw masi lum inget). Ya pokoknya gitu lah.

Ga taunya, itu khotbah karakter utamanya (kayak anime aja) c Zakheus, yang udah terkenal banget lah istilahnya klo lu dulu rajin ke sekolah Minggu. Jadi ceritanya kan Zakheus pemungut cukai yang dibenci orang, trus suatu saat pas Yesus dateng ke daerah situ, dia cari Yesus trus manjat pohon dst dst (kayaknya dah pada tau deh). Nah, yang di underline + bold itu kata2 nya Yesus sama c Zakheus "Zakheus, turunlah, hari ini Aku harus menumpang di rumahmu" (ga persis kayak di alkitab c, lupa2 dikit gw)

Trus pengkhotbahnya ceritain qta tentang alienasi (yang langsung gw cantumin di atas), alienasi itu artinya kira2 adalah suatu penyakit keterasingan dimana penderitanya tuh merasa terasing dari semua orang, termasuk dirinya sendiri. Pas pertama gw denger c biasa aja, tapi lama2 gw denger kok kayaknya situasi penderita alienasi ini kok mirip banget ya kayak gw?Wlpn ga sampe parah2 banget.

Khotbahnya lanjut jadi ngejelasin, bedanya "house" dan "home", house= bangunan tempat tinggal atau yang biasa qta sebut rumah, sedangkan home= tempat qta bisa nyaman dan merasa aman serta mendapatkan kedamaian. "Nah loh, gw baru tau bedanya itu.", kata gw dalem hati. (mungkin ada yang juga baru tau kali ya). Nah, pengkhotbahnya itu cerita lagi, klo penderitaan terbesar manusia adalah saat dia ga punya "home". Ya ampun, itu kayaknya menyentuh hati gw banget, gimana ya, kayaknya selama ini emang gw ga pernah merasa punya "home" yang selama ini gw punya adalah "house".

Yang bikin gw makin merinding adalah saat gw denger pengkhotbah itu ngomong,"Bila manusia sudah tidak peduli apakah orang lain peduli atau tidak pada dirinya, dan orang lain juga sudah tidak peduli pada orang tersebut, maka saat itu orang itu sudah mulai "berhenti menjadi manusia"". Makjan!!I hope that's not gonna happen to me.

Masalahnya,....(serius nih) kayaknya gw adalah PENDERITA PENYAKIT ALIENASI ini...Oh no!!!!Tapi semakin gw pikirin, ciri2 penderita alienasi itu emang terjadi sama gw.

Ciri2 penderita alienasi :
1. Merasa terasing dari lingkungan sekeliling :
Yup2, it happens to me. Walaupun gw punya banyak temen, tapi gw merasa sendiri en terasing banget dari mereka. I'm always thinking that I'm alone all this time.

2. Sering merasa sedih secara tiba2 dan tidak tahu apa sebabnya :
Yes, it happens a lot. Gw kadang2 suka merasa sedih yang gw ga tau kenapa gw bisa sedih kayak gitu. Padahal saat itu kayaknya ga ada hal yang patut disedihkan oleh gw.

3. Mati rasa alias emotionless :
Walaupun ga setiap saat, tapi di rumah, gw sering banget kayak gini. Gw sering males menunjukkan emosi kpd orang rumah gw, and I don't know why.

See??Ternyata gw adalah pengidap alienasi, makanya gw bikin judul nya "The Rejected, Confused and Alienasi". Lho, yang confusednya apa hubungannya???Itu ntar gw jelasin nanti..

Abis pulang dari gereja dengan membawa setumpuk pengetahuan baru (cie, bahasanya...), gw diajak bonyok gw makan2 sama temen mereka, yang anaknya temen gw juga. Umurnya c sepantaran gw, en sama2 masuk IPA, sama2 nilainya merah trus lagi.Cabutlah gw ke tempat perjanjian (dah kayak Kanaan aja) yang udah ditentukan bersama bonyok gw.

Ternyata tempat ketemuannya tuh di toko taneman punya temen bonyok gw. Disana gw liat taneman2 aneh bin ajaib yang belum pernah gw liat sebelumnya. Langsung deh pikiran gw menuju biologi, secara gw besok ada remed mengenai JARINGAN TUMBUHAN. En gw lum selese bljr...Tapi pikiran gw itu langsung sirna begitu gw ngeliat kucing lucu nan imut2 lagi molor di atas pot yang dibalik (ga tau gmn cara mendeskripsikannya). Langsung aja gw foto2 tuh kucing biar selalu abadi di hati gw.Hohoho...

Stelah makan2 dan sebagainya, gw langsung diajak bonyok ke superindo buat beli keperluan2 bulanan (termasuk pocky, makanan fav. gw sepanjang masa).Gw emang rencana mau beli teh, tapi begitu liat kesana, busyet, teh2 yang ada di daftar belanjaan gw kaga ada semua di sana! I guess I must go to Sogo to buy them. Tapi gw ga putus asa, gw cari2, eh, ktemu juga teh merek Twinning's yang wktu itu gw beli, en gw liat cuma ada Earl Grey Tea, sama English Breakfast Tea...Karena waktu itu gw dah beli Earl Grey, ya langsung aja gw ambil itu English Breakfast, tapi opkors gw liat dulu donk harganya. And guess what??Rp. 43.950,-!!!!What the....???

Tapi akhirnya gw ambil juga sama Black Tea merek 2Tang...yang harganya...CUMA Rp.3000-an...Beda jauh banget ya harganya?Alhasil, bonyok gw mencak2 karena gw beli teh dengan harga selangit tersebut...."Kamu ngapai beli teh mahal2 gini???Teh Inggris lagi!Inggris kan import dari sini!!!"

Ya whatever lah, setidaknya gw ga bakal beli lagi teh2 yang kayak gitu, gw beli yang dikit2 aja tea bag nya biar ga terlalu mahal. Setelah gw cobain, ternyata rasanya sama kayak klo gw minum teh di hotel2!!!!Makjan!!!!Kecewa gw, udah bayar mahal2 ga taunya itu teh udah pernah gw cobain....Cape deh.

Trus gw smsan deh sama temen gw sambil belajar bio. Ga tau gmn ujungnya pokoknya qta ngobrol tentang teh, trus dia tanya ke gw, "Emang siapa aja persekutuan-teh mu itu?(padahal gw lum ngasi nama apa2..gw cuma bilang lagi nyari temen "sealiran"...he3, lumayan, ada ide buat namanya), ya gw bilang, gw sama temen gw yang satu lagi...Trus dia bilang gini (intinya aja) "Gw dah tau kok, ud baca di blog nya dia." . Nah lho!Ko tiba2 ada feeling ga enag gini yak??? Ya udah gw tanya ke dia, "Emang ditulis apa aja?" trus temen gw yang ini jawab (intinya), "Dia tulis lu pernah sms dia duluan bilang kamu lagi kesepian en baru putus (What the...????), trus butuh temen, en kalian ngobrol tentang teh sampe jm 12 malem."

OH MY GOD!!!What the hell is this thing???Seinget gw, gw ga pernah bilang klo gw kesepian, gw cuma bilang gw lagi bete, en GW GA PERNAH BILANG KE DIA KLO GW BARU PUTUS, dia yang tau sendiri entah dari mana. Klo yang ngobrol soal teh c emang bener, tapi yang diatas???? Absolutely never~!

Jelas aja gw langsung emosi, langsung gw pikir temen gw yang nulis ini backstabber banget neh, padahal gw pikir dia baek banget sama gw slama ini. Gw pikir dia temen yang baek en ga mungkin lah berbuat kayak gini. Langsung aja gw colok internet, gw liat blognya, ternyata yang gw dapati adalah tulisan kayak gini :
" si Henny ini ternyata lagi kesepian. setelah putus (ups ..) katanya ga ada lagi yang bisa di sms tiap saat. jadilan dia ngirim sms ke semua pengguna XL (hidup gratis !) buat cari temen smsan. tapi walopun gw juga pake XL, gw ga gratis bo' ngirim sms ke dia! soalnya beda tipe gitu XL nya .. huhuhu. tapi tetep gw temenin dia sms.ternyata topik yang dibahas gw dan Henny cukup menarik, lebih menarik daripada infotemen dan infomusuh, yaitu: TEH!......dst"

Nah loh, jadi bingung gw (skrg tau kan arti "confused" nya?), emang sih ada kata2 yang ga bener, tapi ga sengaco yang dibilang temen gw tadi!!!Makjan, bingung banget gw maw gmana sekarang!Bukannya gimana2, tapi ya susah juga jelasinnya, pokoknya gw bingung aja lah harus gmana...

I think I will spend this night with my confused mind.....

0 komentar: